Saya menulis artikel ini dikarenakan sering kali follower dari @droidindonesia bertanya
tentang solusi ketika mengalami error baik ketika download maupun
update aplikasi pada google play store. Mari kita berbagi bersama solusi
mengatasi error pada google play store.
Mengatasi Masalah Pada Google Play Store
Sering
kali terdapat pertanyaan pada beberapa follower dikarenakan aplikasi
play store pada perangkat android mengalami masalah seperti gambar di
bawah ini, maka berikut ini adalah solusinya.
1.Terjebak / stuck pada "Starting Download..."
-Konfirmasikan
bahwa perangkat Anda dalam daftar perangkat yang didukung, yang berarti
itu didukung untuk digunakan dengan aplikasi Google Play Store.
-Untuk aplikasi berbayar, mengkonfirmasi informasi kartu kredit Anda up to date dengan masuk ke akun Dompet Anda Google.
-Batal dan restart download.
-Restart telepon Anda, kemudian mencoba men-download aplikasi lagi.
-Konfirmasi
adanya konektivitas dengan baik jaringan nirkabel atau selular pada
perangkat Anda, dan hubungi penyedia layanan selular anda jika anda
tidak terhubung.
-Coba download Anda
menggunakan koneksi jaringan baik nirkabel dan seluler, dan memastikan
firewall tidak memblokir akses ke port diperlukan untuk Google Play (TCP
dan UDP 5228).
-Pastikan Anda sudah membersihkan cache dan data dari kedua aplikasi Google Play Store dan download manajer. Caranya:
1.Kunjungi Menu> Pengaturan> Aplikasi> Kelola aplikasi
2.Tab ke "Semua"
3.Pilih aplikasi Google Play Store, kemudian tekan "Hapus data" dan "Hapus cache;" maka, pilih Download manager dan tekan "Hapus data" dan "Hapus cache"
-Anda harus memastikan
sudah berhasil sign in ke Google Talk untuk men-download aplikasi
Android Play Google. Pastikan perangkat Anda telah sign in ke Google
Talk dengan mengikuti langkah berikut:
1.Pergi ke peluncur aplikasi ponsel Anda, lalu tekan app talk.
2.Jika Anda sudah masuk ke Talk, tekan Menu, lalu klik keluar.
3.Masuk kembali pada peluncuran talk untuk masuk
2.Muncul pesan "Download gagal"
Jika
anda menerima "Download gagal" pesan ketika mencoba untuk men-download
aplikasi, coba langkah-langkah pemecahan masalah berikut untuk mengatasi
masalah tersebut:
-Untuk aplikasi berbayar, mengkonfirmasi informasi kartu kredit Anda up to date dengan masuk ke akun Dompet Google anda.
-Hapus cache Google Play Store (Pengaturan kunjungan> Aplikasi> Hapus cache).
-Restart telepon anda, kemudian mencoba download aplikasi lagi.
-Tunggu 10 menit, dan coba download anda lagi.
-Konfirmasi adanya
konektivitas ke salah satu jaringan nirkabel atau selular pada perangkat
anda, dan hubungi penyedia layanan selular Anda jika Anda tidak
terhubung.
-Pastikan ada cukup ruang pada telepon anda atau tablet untuk aplikasi yang anda install.
-Jika tidak ada langkah di atas berhasil, coba mount ulang SD card Anda.
Caranya masuk pada
Menu> Pengaturan> Penyimpanan> Unmount SD card, kemudian
remount kartu SD dari menu yang sama dengan memilih kartu SD kuda, atau
restart perangkat jika opsi remount tidak tersedia.
3.Sebuah download dari situs Play Store Google tidak pernah dimulai
Jika
download anda minta dari situs Play Store Google tidak pernah dimulai
pada perangkat Anda, silakan coba langkah-langkah pemecahan masalah
berikut:
-Perangkat Anda harus
terhubung ke nirkabel atau jaringan selular dan jangan menggunakan USB
atau koneksi fisik lainnya (hubungi penyedia layanan selular anda jika
anda tidak terhubung).
-Coba download dengan
koneksi jaringan baik nirkabel dan seluler, dan memastikan firewall
tidak memblokir akses ke port diperlukan untuk Google Play (TCP dan UDP
5228).
-Pastikan perangkat anda telah login ke Google Talk dengan mengikuti langkah berikut:
1.Masuk ke peluncur aplikasi ponsel anda, lalu tekan app Talk.
2.Jika anda sudah masuk ke Talk, tekan Menu, lalu klik keluar.
3.Peluncuran Talk lagi untuk masuk
-Pastikan bahwa perangkat
Anda memiliki setidaknya 20 MB ruang yang tersedia untuk instalasi.
Jika perlu, coba menguninstall beberapa aplikasi yang ada atau
memindahkan mereka ke kartu SD anda.
-Untuk memindahkan
aplikasi ke kartu SD anda, masuk pada Menu> Pengaturan>
Aplikasi> Kelola aplikasi> pilih sebuah aplikasi memenuhi
syarat> pilih Pindah ke SD card (jika ada - perhatikan bahwa tidak
semua aplikasi dapat dipindahkan ke kartu SD).
-Cobalah meminta download lagi menggunakan aplikasi Google Play Store dari perangkat anda.
Sumber: Official Google
Rangkuman dari solusi error google play store
1.Pastikan koneksi internet pada perangkat anda berjalan lancar.
2.Jika error maka cobalah untuk clear cache dan clear data pada aplikasi play store seperti langkat di atas.
3.Pastikan
aplikasi play store anda tidak rusak, jika rusak dikarenakan adanya
kesalahan anda atau dikarenakan sesuatu hal, cobalah untuk menginstall
ulang aplikasi play store anda.
-Masuk pada setting > Applications > Manage applications
-Pilih ALL tab
-Cari Google Play Store
-Uninstall updates
-Buka kembali aplikasi Market ( atau play store tergantung dari app default ROM)
-Lakukan update dan cobalah untuk membuka kembali.4.Jika masih terjadi error, cobalah untuk pelajari terdapat pesan error apa saja, sehingga anda dapat mengidentifikasi penyebab error yang dapat anda baca pada artikel maxiandroid status code error.
5.Pastikan juga aplikasi yang anda download dari play store compatible dengan perangkat android anda.
6.Pastikan juga sisa storage perangkat android anda mencukupi untuk melakukan download dan perangkat anda berjalan lancar.
7.Jika masih terjadi error, walaupun anda sudah melakukan langkah di atas, maka cobalah untuk reset perangkat anda.
8.Ini merupakan langkah terakhir yang harus anda tempuh jika ke tujuh langkah di atas gagal anda jalankan, pastikan ROM anda berjalan dengan sempurna dan tidak ada kerusakan, jika terjadi maka cobalah untuk flash ulang ROM pada perangkat anda atau anda segera hubungi service center perangkat android anda.
0 komentar:
Posting Komentar