Kamis, 31 Oktober 2013

Cara Menghilangkan Firus Registry DI Laptop & PC Anda


Untuk artikel pertama di weblog ini, saya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang bagaimana menghilangkan virus registry & brontok .
Baru baru ini beberapa PC di kantor saya terkena virus dengan ciri sebagai berikut :
-     Tidak bisa masuk ke Task Manager
-     Folder Option, Search di Windows Explorer hilang
-     Tidak bisa masuk ke Start – Run
-     Tidak bisa mengakses registry seperti regedit, msconfig, cmd dll
-     Semua file Microsoft Word (.doc) dihidden dan berubah jadi (.vbe ukuran file 8 kb)
-     Kinerja PC lambat, email Microsoft outlook tidak bisa di akses

Langkah pertama saya googling mencari tahu cara mengatasi virus yang menyerang PC saya serta hampir semua PC di kantor saya. Dari cara manual mengedit registry atau sampai bantuan beberapa software yang saya temukan di googling tetap belum bisa menyembuhkan PC saya ini. Saking stressnya saya ambil jalan cepat INSTALL ULANG PC. Tapi ternyata itu cuma penyembuhan sementara , karena PC saya akhirnya terkena virus ini lagi.  Virus ini menyebar via media flashdisk, atau jaringan (LAN).
Akhirnya setelah googling saya temukan juga sebuah program kecil untuk mengembalikan registry yang hilang karena terserang virus (unlockregistry), dan menghilangkan virus brontok.
Unutk menghilangkan virusnya saya lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1-    download progam unlockregistry, Download Disini(tribute untuk yang buat program)
2-    Install SMADAV versi terbaru (8.8), bisa anda download disini http://smadav.net/ 
3-    Jalankan program unluckregistry sampai muncul pesan seperti dibawah ini :

4-    Registry sudah di normal kembali sekarang tinggal menghilangkan virusnya
5-    Restart PC dan masuk ke SafeMode (pas restart tekan F8)
6-    Jalankan SMADAV 8.8 dan Scan All Drrive di PC anda sampai selesai (Finish 100%)
7-    Jika PC anda terkena virus brontok maka akan ditemukan beberap virus seperti dibawah ini :




8-    Tekan Clean All untuk membersihkan / meremove virus ini.
9-    Restart PC dan masuk ke mode normal
10- Langkah selanjutnya menghapus file *.vbe yang sudah di unhide oleh Smadav, langkahnya  masuk windows explorer dan klik kanan di my computer, pilih search all drive dengan type file (.vbe) , seperti tampak di bawah ini :

11-  Select All dan delete semua file *.vbe (pastikan terhapus semua).
12-  Dalam mode Normal, Scan sekali lagi All Drive dengan menggunakan Smadav untuk mengembalikan file *.doc yang di hidden oleh brontok dan Unhide All
13-  Alhamdulillah PC sudah kembali normal
Special tribute to :
-         www.cyberhadi.com
-         www.smadav.net
*mohon maaf jika kosakatanya agak blepotan maklum baru mengajar nulis hehehe
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar